Abstract :
Bq Siti Hafsah (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan
Saintifik dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil
Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
matematika dengan pendekatan saintifik dan kecerdasan emosional terhadap hasil
belajar siswa kelas VII SMP Lab Hamzanwadi Sub Materi Bilangan Bulat. Jenis
penilitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa SMP Lab Hamzanwadi Tahun Pembelajaran 2019/2020. Teknik
sampling yang digunakan probability sampling jenis simple random sampling. Jenis
penelitian one shot case study dan didapatkan sampelnya adalah siswa kelas VII B.
Instrumen yang di gunakan adalah angket pendekatan saintifik 20 pernyataan, angket
kecerdasan emosional 25 pernyataan dan tes essay 5 butir soal. Untuk uji analisis data
dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat dan uji linearitas regresi
ganda. Sedangkan teknik uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi ganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai determinan korelasi ganda
sebesar 0,993 yang berarti bahwa besarnya , terhadap Y sebesar 98,60%
sedangkan sisanya 1,4% dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak diteliti. Dari
hasil uji hipotesis diperoleh thitung ≥ ttabel, yaitu 777,47 ≥ 3,44. Hal ini berarti, bahwa
hipotesis yang diajukan di terima (Ho ditolak Ha diterima), yaitu terdapat pengaruh
yang signifikan antara pendekatan saintifik dan kecerdasan emosional terhadap hasil
belajar siswa kelas VII di SMP Lab Hamzanwadi.
Kata kunci: Pendekatan saintifik, Kecerdasan emosional dan hasil belajar
matematika siswa.