DETAIL DOCUMENT
KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, GROUP INVESTIGATION (GI), DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
FARHIANI, DEVIA EKA
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-13 02:33:17 
Abstract :
Devia eka Parhiani. (2019). Komparasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, tipe Group Investigation, dan tipe Team Assisted Individualization terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Selong tahun ajaran 2019/2020. Skripsi. Selong: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Hamzanwadi. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw, tipe group investigation, team assisted individualization, prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, tipe Group Investigation, dan tipe Team Assisted Individualization dilihat dari prestasi belajar matematika sub bab materi pokok Barisan dan deret aritmetika pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Selong tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Selong tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Tipe Team Assisted Individualization, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan tipe Jigsaw dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan tipe Group Investigation. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 3×1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan analisis varians satu jalur sel tak sama. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung
Institution Info

Universitas Hamzanwadi