Abstract :
Devia eka Parhiani. (2019). Komparasi model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw, tipe Group Investigation, dan tipe Team Assisted Individualization
terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Selong tahun
ajaran 2019/2020. Skripsi. Selong: Program Studi Pendidikan Matematika,
Universitas Hamzanwadi.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw, tipe group
investigation, team assisted individualization, prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, tipe Group Investigation, dan tipe Team
Assisted Individualization dilihat dari prestasi belajar matematika sub bab materi
pokok Barisan dan deret aritmetika pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Selong
tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Selong
tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random
sampling. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Tipe
Team Assisted Individualization, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan tipe Jigsaw dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan tipe Group Investigation. Rancangan penelitian yang digunakan
adalah desain faktorial 3×1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi
belajar. Data dianalisis menggunakan analisis varians satu jalur sel tak sama. Hasil
hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung