DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARA PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADA PRESTASI DAN SELF EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs BAHRUL ULUM NW TELAGA BAGIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HASANAH, DEVIATUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-13 03:05:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh pendekatan pemecahan masalah (problem solving) terhadap perestasi belajar dan self-efficacy siswa Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. teknik pengabilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumulan data menggunakan tes dan angket.untuk analisis data Hasil pengujian hipotesis I untuk prestasi belajar dan self efficacay menujukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 7,431 ≥ 1,729 dan thitung ≥ttabel yaitu 3,872 ≥ 1,729 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. sehingga dapat simpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah efektif ditinjau dari perestasi belajar dan self-efficacy siswa. Hasil pengujian hipotesis II untuk prestasi belajar dan self efficacy menujukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 1,790 ≥ 1,729 dan thitung ≥ ttabel yaitu 2,931 ≥ 1,729 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat simpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari perestasi belajar dan self-efficacy siswa. Hasil pengujian hipotesis III uji MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektipan pembelajaran antara pendekatan pemecahan masalah dengan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari perestasi belajar dan selfefficacy siswa. Kata kunci: pendekatan problem solving prestasi belajar self efficacy dan pola bilangan 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi