Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh yang positif
dan signifikan dari model Paikem Gembrot terhadap self efficacy dan hasil belajar siswa
SMP Negeri 1 Sakra Timur tahun pembelajaran 2018/2019, (2) adanya pengaruh yang
positif dan signifikan dari model Paikem Gembrot terhadap self efficacy siswa SMP
Negeri 1 Sakra Timur tahun pembelajaran 2018/2019, (3) adanya pengaruh yang positif
dan signifikan dari model Paikem Gembrot terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1
Sakra Timur tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
Quasy Eksperimendengan desain faktorial dalam bentuk posttest design true
experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
Sakra Timur Tahun Pelajaran 2018/2019yang berjumlah 112 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VIIAsebagai kelas eksperimen, kelas VIIBsebagai kelas
kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah faktorial. Intrumen dalam penelitian ini berupa
pilihan gandayang berjumlah 20 butir soal dan angket yang berjumlah 20
pernyataan. Berdasarkan hasil analisisMANOVApada taraf signifikan
5%diperoleh Fhitung (26 ) >Ftabel(4,02) dan berarti model Paikem Gembrot
berpengaruh Terhadap Self-Efficacy dan hasil belajar Matematika Siswa Dalam
Pokok Bahasan Bilangan dan pecahan untuk kelas VII SMP Negeri 1 Sakra Timur
tahun pembelajaran 2018/2019. Untuk analisis uji t terhadap Self efficacy siswa
diperoleh Thitung yaitu 2,426 dan Ttabel yaitu 1,671, sehingga hal tersebt
menunjukkna bahwa Thitung (2,426) >Ttabel (1,671) sehingga dapat diketahui
bahwa HO ditolak dan Ha diterima, untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung yaitu
6,771 dan Ttabel yaitu 1,671, sehingga hal tersebut menunjukkna bahwa Thitung
(6,771) >Ttabel (1,671) sehingga dapat diketahui bahwa HO ditolak dan Ha
diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh Paikem
Gembrotterhadap Self efficacy dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sakra
tahun pembelajaran 2018/2019.
Kata kunci: PAIKEM GEMBROT, Self Efficacy, Hasil Belajar.