DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE REVIEW (CR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA MA DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA PADA MATERI PROGRAM LINEAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
BULAN, HARIANA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-13 08:03:07 
Abstract :
Hariana Bulan (15210010). 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Review (Cr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Xi Ipa Ma Darussholihin Nw Kalijaga Pada Materi Program Linear Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative learning (CR) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa MA Darussholihin NW Kalijaga kelas XI IPA pada materi program linear. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI MA Darussholihin NW Kalijaga yang berjumlah 142 orang. Teknik sampeling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Instrumen tes berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Untuk tes kemampuan pemecahan masalah hasil perhitungan menunjukkan thitung > ttabel atau 1,953 > 1,684 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan untuk tes komunikasi matematis siswa hasil perhitungan menunjukkan thitung > ttabel atau 5,485 > 1,684 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa model cooperative leraning (CR) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa MA Darussholihin NW Kalijaga kelas XI IPA. Kata kunci: Cooperative Review (CR), kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis siswa. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi