Abstract :
Hariana Bulan (15210010). 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative
Review (Cr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan
Komunikasi Matematis Siswa Kelas Xi Ipa Ma Darussholihin
Nw Kalijaga Pada Materi Program Linear
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran cooperative learning (CR) terhadap kemampuan pemecahan
masalah dan komunikasi matematis siswa MA Darussholihin NW Kalijaga kelas
XI IPA pada materi program linear. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan populasi seluruh siswa kelas XI MA Darussholihin NW Kalijaga yang
berjumlah 142 orang. Teknik sampeling yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Simple Random Sampling. Desain eksperimen yang digunakan adalah
quasi experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Instrumen
tes berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah, dan
komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji-t. Untuk tes kemampuan pemecahan masalah hasil
perhitungan menunjukkan thitung > ttabel
atau 1,953 > 1,684 sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima dan untuk tes komunikasi matematis siswa hasil
perhitungan menunjukkan thitung > ttabel
atau 5,485 > 1,684 maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa model cooperative leraning (CR)
efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi
matematis siswa MA Darussholihin NW Kalijaga kelas XI IPA.
Kata kunci: Cooperative Review (CR), kemampuan pemecahan masalah,
komunikasi matematis siswa.