Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Dengan Pendekatan
Matematika Realistik Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas
VIII MTs NW LENEK 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII MTs NW Lenek 1, siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen,
dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan
adalah rancangan Faktorial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
hasil belajar dan angket kemandirian belajar. Data dianalisis menggunakan uji
ANOVA dua Jalan. Hasil hipotesis menunjukkan signifikansi < ( ) yaitu
(4,01 > 3,22) yang berarti ditolak diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Dengan Pendekatan
Matematika Realistik Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas
VIII MTs NW LENEK 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH),
Pendekatan Matematika Realistik, Kemandirian Belajar.