Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan keefektifan
pembelajaran dengan metode snowball throwing dan metode SAVI terhadap
prestasi belajar matematika siswa di MA Mu’allimin NW Pancor. Penelitian ini
adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor
tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random
sampling dan didapatkan dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
prestasi belajar matematika siswa. Data dianalisis menggunakan uji one sample t
test pihak kiri untuk hipotesis I dan II dan menggunakan uji-t dua pihak dengan
metode Polled Varians untuk hipotesis III. Hasil pengujian hipotesis I
menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 8,198 ≥ 1,711 yang berarti bahwa Ho
diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
metode snowball throwing efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa.
Hasil pengujian hipotesis II menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 1,829 ≥ 1,711
yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan metode SAVI efektif ditinjau dari prestasi belajar
matematika siswa. Hasil pengujian hipotesis III menunjukkan bahwa thitung > ttabel
yaitu 3,092 > 2,021 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran antara
metode snowball throwing dan metode SAVI terhadap prestasi belajar matematika
siswa di MA Mu’allimin NW Pancor.
Kata kunci: Metode Snowball Throwing, Metode SAVI, Prestasi Belajar
Matematika.