DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
WAHYUNI, IMRO’ATUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-15 03:28:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Experimental Design (eksperimen yang tidak sebenarnya). Desain penelitian menggunakan One-shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs NW Suryawangi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket minat belajar dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun uji hipotesis menggunakan rumus analisis korelasi (pearson product momen). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 44,89% (thitung = 4,147 ≥ darittabel = 1,721). (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, namun model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) memiliki hubungan positif dengan minat belajar sebesar 4,08% (thitung = 0,694 ≤ dari ttabel = 1,721). Kata kunci: Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT), Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi