Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) dan minat belajar terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian Pre Experimental Design (eksperimen yang tidak sebenarnya). Desain
penelitian menggunakan One-shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IX MTs NW Suryawangi. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 23 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen
pengumpulan data berupa lembar observasi, angket minat belajar dan tes
kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun uji hipotesis menggunakan rumus
analisis korelasi (pearson product momen). Hasil dari penelitian menunjukkan
bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif
Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar
44,89% (thitung = 4,147 ≥ darittabel = 1,721). (2) tidak terdapat pengaruh yang
signifikan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, namun model
pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) memiliki hubungan
positif dengan minat belajar sebesar 4,08% (thitung = 0,694 ≤ dari ttabel = 1,721).
Kata kunci: Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT), Minat Belajar,
Kemampuan Berpikir Kritis