Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe
two stay two stray berbasis guided note taking terhadap prestasi belajar siswa di
SMP Islam Baiturrahman Mahmudi. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperiment
design (nondesign) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
sekolah SMP Islam Baiturrahman Mahmudi. Sampel penelitian ini terdiri dari satu
kelas saja yaitu kelas VIII SMP Islam Baiturrahman Mahmudi, responden pada
penelitian ini berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
uraian dan angket tanggapan/penilaian siswa terhadap model pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray berbasis guided note taking. Data dianalisis
menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
rhitung pada hipotesis regresi linier sederhana yang didapat adalah 0,517 dan rtabel
yaitu 0,339 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
kooperatif tipe two stay two stray berbasis guided note taking terhadap prestasi
belajar siswa SMP Islam Baiturrahman Mamudi.
Kata kunci: Kooperatif tipe two stay two stray berbasis guided note taking,
prestasi belajar