Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil
belajar matematika dan regulasi diri siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringgabaya
pada pokok bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2019/2020. Jenis peneltian yang
digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri Pringgabaya tahun ajaran 2019/2020 yang
berjumlah 185 siswa, dan sampel dari penelitian ini adalah kelas VII D dan VII E
berjumlah 56 orang yang terbagi menjadi 28 orang siswa sebagai kelas
eksperimen dan 28 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non random sampling tipe
purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan
uji-t. Hasil penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata
hasil belajar matematika yang diperoleh kelas eksperimen adalah 72,85 dan kelas
kontrol 70,56. Sedangkan hasil penelitian analisis deskriptif nilai rata-rata regulasi
diri siswa yang diperoleh kelas eksperimen adalah 81,96 dan kelas kontrol 77,5.
Untuk uji hipotesis, hasil analisa untuk hasil belajar matematika menunjukan thitung
= 5,15086 dengan ttabel= 1,6749 karena thitung > ttabel maka “Ha†diterima dan “Hoâ€
ditolak. Dan untuk hasil analisa regulasi diri siswa menujukkan thitung = 8,1090
dengan ttabel = 1,6749 karena thitung > ttabel maka “Ha†diterima dan “Ho†ditolak
yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil
Belajar Matematika dan Regulasi Diri Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringgabaya
pada pokok bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement
Divisions (STAD), Hasil Belajar Matematika, Regulasi Diri.