Abstract :
PENGARUH PHOBIA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAKRA BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019
L. M. Ali Sumardan
Program Studi Pendidikan Matematika
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh phobia dan
minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra Barat
tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP
Negeri 2 Sakra Barat tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik
simple random sampling yaitu kelas VIII B dengan jumlah siswa 32 orang. Instrument
pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket phobia dan minat, dan tes hasil belajar.
Data dianalisis menggunakan uji t dengan model regresi linier sederhana untuk hipotesis 1 dan II
dan uji regresi ganda 2 prediktor untuk hipotesis III. Hasil pengujian hipotesis I menunjukkan
bahwa yaitu yang berarti bahwa Ho diterima dan
Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan phobia terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra Barat tahun ajaran 2018/2019.
Hasil pengujian hipotesis II menunjukkan bahwa yaitu
yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Sakra Barat tahun ajaran 2018/2019. Hasil pengujian hipotesis III menunjukkan
bahwa yaitu yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha
ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan phobia dan minat
belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra Barat tahun
ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Phobia/kecemasan, Minat Belajar, Hasil belajar.