DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SANTRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
WAHIDAH, LAILI PARIDATUL
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-15 06:01:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Practice Rehearsal pairs (PRP) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar matematika santri pada materi sistem persamaan linear tiga variable (SPLTV) kelas X IPS di MA NW Perian tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri kelas X di MA NW Perian tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas X IPS sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X BHS sebagai kelas kontrol. Instrument peneitian yang digunakan adalah Post-test only control design untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur tingkat kepercayaan diri santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji homogenitas dengan uji F, dan uji hipotesis denagn uji-t-test. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel yaitu (5,4 > 2,021) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan pada hipotesisi kedua thitung ≥ ttabel (5,33 < 2,021) maka maka Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya Terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Practice Rehearsal Pairs terhadap kepercayaan diri santri dan terdapat ppengaruh pembelajaraan kooperatif tipe Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar santri. Kata Kunci: Practice Rehearsal Pairs. Kepercayaan diri, hasil belajar matematika santri. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi