Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif
tipe Practice Rehearsal pairs (PRP) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar
matematika santri pada materi sistem persamaan linear tiga variable (SPLTV) kelas X
IPS di MA NW Perian tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan
metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri kelas X di MA NW
Perian tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik
Simple Random Sampling. Kelas X IPS sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X
BHS sebagai kelas kontrol. Instrument peneitian yang digunakan adalah Post-test
only control design untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur tingkat
kepercayaan diri santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data
dianalisis menggunakan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji homogenitas
dengan uji F, dan uji hipotesis denagn uji-t-test. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa
thitung >ttabel yaitu (5,4 > 2,021) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan pada hipotesisi
kedua thitung ≥ ttabel (5,33 < 2,021) maka maka Ha diterima dan Ho ditolak. Yang
artinya Terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Practice Rehearsal Pairs
terhadap kepercayaan diri santri dan terdapat ppengaruh pembelajaraan kooperatif
tipe Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar santri.
Kata Kunci: Practice Rehearsal Pairs. Kepercayaan diri, hasil belajar matematika
santri.