Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
dengan model kooperatif tipe kreatif produktif untuk meningkatkan motivasi dan
kemampuan matematika siswa yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini
siswa kelas VIII MTs NW Lepak. Pengembangan perangkat ini meliputi Silabus,
RPP, LKPD, dan THB pada materi pola bilangan. Prosedur pengembangan yang
digunakan adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan: (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan
perangkat pembelajaran yang dihasilkan dikategorikan layak digunakana
berdasarkan: (1) kevalidan, dilihat dari rata-rata skor silabus, RPP, LKPD, dan THB
mencapai 439, 452, 306 dan 0.81 memenuhi kriteria valid dan sangat valid;
(2) kepraktisan, dilihat dari penilaian guru dengan rata-rata skor silabus, RPP, LKPD
sebesar 75, 65 dan 68 memenuhi kriteria sangat praktis dan penilaian angket respon
siswa dengan persentase sebesar 95.00% memenuhi kriteria praktis; (3) keefektifan,
dilihat dari hasil presentase observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing
90.62% dan 85,29% memenuhi kriteria baik, dari tes hasil belajar rata-rata skor siswa
71 dengan persentase ketuntasan 80% memenuhi kriteria baik dan estimasi reliabilitas
mencapai kriteria reliabel dengan koofesien alpha sebesar 0,71, adapun tingkat
kesukaran masing-masing soal mencapai kriteria mudah, sedang, dan sukar,
sedangkan daya beda soal mencapai kriteria buruk, cukup, dan baik
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Model kooperatif tipe kreatif produktif.