DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE KREATIF PRODUKTIF UNTUKMENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
MARLITA, LINDA
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-15 06:37:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe kreatif produktif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan matematika siswa yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII MTs NW Lepak. Pengembangan perangkat ini meliputi Silabus, RPP, LKPD, dan THB pada materi pola bilangan. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan: (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan dikategorikan layak digunakana berdasarkan: (1) kevalidan, dilihat dari rata-rata skor silabus, RPP, LKPD, dan THB mencapai 439, 452, 306 dan 0.81 memenuhi kriteria valid dan sangat valid; (2) kepraktisan, dilihat dari penilaian guru dengan rata-rata skor silabus, RPP, LKPD sebesar 75, 65 dan 68 memenuhi kriteria sangat praktis dan penilaian angket respon siswa dengan persentase sebesar 95.00% memenuhi kriteria praktis; (3) keefektifan, dilihat dari hasil presentase observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing 90.62% dan 85,29% memenuhi kriteria baik, dari tes hasil belajar rata-rata skor siswa 71 dengan persentase ketuntasan 80% memenuhi kriteria baik dan estimasi reliabilitas mencapai kriteria reliabel dengan koofesien alpha sebesar 0,71, adapun tingkat kesukaran masing-masing soal mencapai kriteria mudah, sedang, dan sukar, sedangkan daya beda soal mencapai kriteria buruk, cukup, dan baik Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Model kooperatif tipe kreatif produktif. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi