Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif tipe STAD Dengan Pendekatan Open-ended Terhadap prestai belajar
Matematika Pokok Bahasan bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga tahun
pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
jenis True Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 2 Suralaga Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan
teknik random sampling. Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B
sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PosttestOnly Control Design. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes pada
akhir pertemuan untuk kedua kelompok. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil
hipotesis menunjukkan bahwa yaitu (5,732 1,009) yang berarti
ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Dengan Pendekatan Open-ended Terhadap
prestasi belajar Matematika Pokok Bahasan bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 2
Suralaga tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Open-ended, Prestsi Belajar