DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 SURALAGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SUPRIANDI, MUHAMMAD ABROR
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-15 06:47:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Dengan Pendekatan Open-ended Terhadap prestai belajar Matematika Pokok Bahasan bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis True Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PosttestOnly Control Design. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes pada akhir pertemuan untuk kedua kelompok. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa yaitu (5,732 1,009) yang berarti ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Dengan Pendekatan Open-ended Terhadap prestasi belajar Matematika Pokok Bahasan bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Open-ended, Prestsi Belajar 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi