Abstract :
Mega Mustika (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learnig
(PBL) Terhadap Motivasi Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Di MA
NW Najahutta’lim Pengadang Praya Tenggah Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Universitas Hamzanwadi.
Pembimbing I: Fahrurrozi, M.Pd dan Pembimbing II: Ahmad Rasidi, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan
model Problem Based Learnig (PBL) terhadap motivasi dan kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas XI MA NW Najahutta’lim Pengadang Praya
Tenggah Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan pada
penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi seluruh
siswa MA NW Najahutta’lim. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik
Probability Sampling jenis Simpel Random Sampling. Dari hasil random yang
terpilih menjadi sampel adalah kelas XI yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A
dan B. yang menjadi kelas kontrol yaitu kelas A dan yang menjadi kelas
eksperimen yaitu kelas B. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “PosttestOnly Control Designâ€. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes dan non tes (angket), analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis statistik parametris yaitu dengan uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari hasil manual penelitian non tes (angket Motivasi belajar) diperoleh thitung ≥
ttabel (13,38 ≥ 0,681) dan untuk instrumen tes diperoleh thitung ≥ ttabel (10,82 ≥
0,681). Dan untuk hasil perhitungan mengunakan bantuan sofware SPSS IBM
16,0. untuk angket Motivasi diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,00 < 0,05 dengan taraf
signifikan 5 %. Dan untuk tes komunikasi matematis juga sama thitung < ttabel yaitu
0,00 < 0,05 dengan taraf signifikan 5 %. Dari hasil ini menunjukan bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak. yakni terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari
penerapan model pembelajaran problem based learnig (PBL) terhadap Motivasi
dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MA NW Najahutta’lim
Pengadang Praya Tenggah tahun 2019/2020.
Kata konci: Model Pembelajar Problem Based Learnig (PBL), Motivasi dan
kemampuan Komunikasi matematis