DETAIL DOCUMENT
“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUKAMULIA”
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
MASHUDI, MUH.
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-15 07:39:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sukamulia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain factorial design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sukamulia. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis I dengan uji MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran antara model pembelajaran two stay two stray dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis II untuk minat belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 6,047 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil pengujian hipotesis II untuk hail belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 6,310 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran two stay two stray lebih efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis III untuk minat belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,247 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil pengujian hipotesis III untuk hasil belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 4,050 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional efektif ditijau minat dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran two stay two stray, minat belajar, hasil belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi