DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL MEANINGFUL INTRUCTION DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AZIZ, MUHAMMAD ABDUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-16 03:01:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model meaningfull intruction design terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa pada pokok bahasan peluang di kelas VIIC MTs NW Rumbuk tahun ajaran 2018/2019. jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas MTs NW Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah Kelas VIIC menjadi kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIA menjadi kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan angket minat belajar siswa.Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil hipotesis menunjukkan signifikansi ,< (α = 0,05) yaitu (0,003) yang berarti adanya pengaruh model pembelajaran meaningfull intruction design terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa. pada mata pelajaran matematika sub materi peluang pada kelas VIIC NW Rumbuk tahun 2018/2019 Kata Kunci: model meaningfull intruction design, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar siswa 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi