Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model meaningfull
intruction design terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar
siswa pada pokok bahasan peluang di kelas VIIC MTs NW Rumbuk tahun ajaran
2018/2019. jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen.Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas MTs NW Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019.
Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah Kelas VIIC menjadi kelas
eksperimen, sedangkan kelas VIIA menjadi kelas kontrol. Rancangan penelitian
menggunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan angket minat belajar
siswa.Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil hipotesis menunjukkan
signifikansi ,< (α = 0,05) yaitu (0,003) yang berarti adanya pengaruh model
pembelajaran meaningfull intruction design terhadap kemampuan pemecahan
masalah dan minat belajar siswa. pada mata pelajaran matematika sub materi
peluang pada kelas VIIC NW Rumbuk tahun 2018/2019
Kata Kunci: model meaningfull intruction design, kemampuan pemecahan
masalah, minat belajar siswa