Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan
pendekatan integratif terhadap ketrampilan menulis karangan narasi siswa
dan ketrampilan ketrampilan menulis karangan narasi siswa yang diajarkan
menggunakan pendekatan integratif dengan sisiwa yang diajarkan
menggunakan metode konvensional di mi mambaul ulum jurit tahun
pelajaran 2018/2019. Tehnik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu prites dan postes prites diberikan pada subjek penelitian
sebelum model pembelajaran integratif diaplikasikan, sedangkan postes
diberikan setelah kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan
menggunakan integratif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas v yang
terdiri dari 42 orang siswa dan dibagi menjadi dua kelas. Dua kelas tersebut
kelas A sebagi kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontro.
Berdasarkan hasil penelitian data dapat diperoleh bahwa nilai 6,59
dan = 3,59 pada taraf 5% sehingga lebih besar dari (6,59
>3,59). Maka hal tersebut menujukan bahwa yang diperoleh adalah
signifikan sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan
pendekatan integratif terhadap ketrampilan menulis karangan narasi siswa.
Kata kunci: Integratif Ketrampilan Menulis Karangan Narasi.