Abstract :
Pengaruh Learning Community Melalui Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas X MA NW Bagik Payung Tahun Pembelajaran 2018/2019.
NIA KURNIATI AMINI
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan Apakah terdapat pengaruh Learning
Community Melalui Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif terhadap prestasi belajar matematika siswa
kelas X MA NW Bagik Payung. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan
desain Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA NW Bagik Payung
Lombok Timur NTB. Sampel penelitian diambil dari semua populasi. Uji prasyarat yang dilakukan
adalah uji normalitas dengan menggunakan rumus Chi-kuadrat dan dilakukan uji linieritas dengan uji
barlet. Data dianalisis secara univariat dengan taraf signifikansi 5% (0,05) untuk pengujian hipotesis
pertama digunakan t-tes one sampel dan untuk pengujian hipotesis kedua digunakan regresi linier
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Jika dilihat dari hasil perhitungan terhadap prestasi
dengan menggunakan uji one sample t test menunjukkan bahwa thitung = 3,15 lebih besar dari ttabel =
1,70 pada taraf signifikansi 5% artinya bahwa hipotesis nol ditolak sehingga hipotesis penelitian. Hasil
penghitungan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana didapat koefesien determinasi
sebesar 0,69. Sedangkan nilai koefisien determinasi disesuaikan adalah sebesar 0,475. . Sebagai
kesimpulan dari hasil analisis sebagai berukut: y = 23,358 + 0,931X. R2 =0,47 ,Ini berarti bahwa
sebesar 47 % penigkatan prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh model pembelajaran yang
diterapkan dan selebihnya merupakan faktor lain
Kata kunci: Learning community, Pembelajaran kolaboratif, hasil belajar