Abstract :
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS
EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA
BELAJAR SISWA MTS MANBA’UL BAYAN LINGKUNG
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
NINA
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi
Email.ninapaku848@gmail.com
Penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Realistic
Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya
Belajar Siswa MTS Manba’ul Bayan Lingkung 2019/2020. Jenis penelitian ini
adalah eksperimental semu populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII
MTS Manba’ul Bayan Lingkung 2019/2020. Sampel penelitian ini didapatkan dua
kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas
kontrol. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket,
adapun instrumen dalam penelitian ini tes dan angket untuk uji persyaratan data
dilakukan dengan uji normalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan
uji homogenitas dengan mengguankan Uji-F, sedangkan uji hipotesis
mengguanakan anava dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan
dapat diketahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 77 dan
hasil belajar kelas kontrol 76. Dari hasil Uji-T yang sudah dilakukan diperoleh
, . Sedangkan untuk gaya belajar siswa
diperoleh hasil perhitungan anava dua jalur untuk gaya belajar visual
menunjukkan bahwa Sebesar 4,18 ≥1,95 sehingga dapat diputuskan
ditolak dan diterima, , gaya belajar auditorial menunjukkan bahwa
Sebesar 0,19 1,95 sehingga dapat diputuskan ditolak dan diterima. Gaya
belajar kinestetik menunjukkan bahwa Sebesar 3, 71 ≥ 1,95 sehingga
dapat diputuskan ditolak dan diterima.
Kata kunci. Model Realistic Mathematics Education (RME) Gaya
Belajar