Abstract :
Nurhamidah. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis
Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan
Motivasi Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika.
Universitas Hamzanwadi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar
matematika berbasis Islami yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model
pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE.
Data kevalidan dan kepraktisan dianalisis dengan mengkonversi skor menjadi data
kualitatif skala lima, sedangkan data keefektifan dianalisis dengan standar KKM
dan persentase ketuntasan belajar. Melalui proses pengembangan, telah
dihasilkan: (1) bahan ajar matematika berbasis Islami dan (2) instrumen
penelitian. Berdasarkan analisis uji coba lapangan, hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis Islami telah memenuhi
kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria kevalidan terlihat dari
hasil analisis kevalidan bahan ajar matematika yang memenuhi kriteria valid.
Kriteria kepraktisan bahan ajar matematika dilihat dari: (1) skor angket
kepraktisan sebesar 345 yang memenuhi kriteria sangat praktis, (2) skor lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 84,44% merupakan pelaksanaan
baik, (3) skor lembar observasi aktivitas siswa sebesar 91,11% merupakan
pelaksanaan baik, dan (4) skor angket respon siswa sebesar 88% memenuhi
kriteria praktis. Kriteria keefektifan bahan ajar matematika terlihat dari standar
KKM dan persentase ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan
angket motivasi siswa yaitu 68,03, 76,92% dan 4,17 yang memenuhi kriteria
efektif dari 26 siswa.
Kata kunci: bahan ajar matematika berbasis Islami.