Abstract :
Tujuan penelitian ini merupakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
menggunakan alat peraga PAPROLIN berbasis PBL pada materi program linear.
Penelitian ini adalah penelitian reseach and development (RnD). Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA MA NW Praida Kroya tahun pelajaran
2018/2019 yang berjumlah 21 siswa. Kemudian objek dalam penelitian ini adalah alat
peraga PAPROLIN dan buku pedoman alat peraga PAPROLIN, RPP dan instrumen
yang digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data berupa angket respon
siswa, validasi produk oleh para ahli, guru mata pelajaran serta tes hasil belajar.
Adapun kriteria yang digunakan untuk mengetahui kevalidan terhadap produk yaitu
sangat baik, baik, cukup baik, kurang, dan sangat kurang. Sehingga disimpulkan
bahwa alat peraga paprolin berbasis PBL pada materi program liniear memiliki
kategori baik, hal itu sesuai dengan hasil validasi para ahli, serta meningkatnya hasil
belajar siswa. Hasil penilaian buku pedoman alat peraga PAPROLIN oleh ahli materi
yaitu total skor 89 dengan nilai rata-rata 44,5 berada pada rentang74,76< X ≤ 92,28
sehingga kevalidan berkategori baik, sedangkan penilaian buku pedoman alat peraga
PAPROLIN oleh guru mata pelajaran yaitu 86 dengan nilai rata-rata 43 berada pada
rentang74,76< X ≤ 92,28 sehingga kevalidan berkategori baik. Adapun untuk uji coba
produk yaitu dilakukan dengan dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala
besar, dimana hasil uji coba skala kecil yaitu 22,22 % dan uji coba skala besar yaitu 61,09 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga paprolin berbasis PBL
mampu meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan PROGRAM LINEAR
Kata kunci: Pengembangan, Alat Peraga PAPROLIN, Buku Pedoman Alat Peraga
PAPROLIN, Dan Materi Program Linear