Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh model AIR
(Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap motivasi belajar siswa MTs.
Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2018/2019. (2) adanya pengaruh model
AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap prestasi belajar siswa MTs.
Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2018/2019. (3) Model AIR (Auditory,
Intellectually, Repetition) lebih efektif digunakan dari pembelajaran konvensional
terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa MTs. Mu’allimat NW Kelayu tahun
pembelajaran 2018/2019 . Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan
menggunakan Quasy Eksperimen dengan desain faktorial dalam bentuk posttest design true
experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Mu’allimat NW
Kelayu Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang ditentukan
dengan teknik simple random sampling.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial. Intrumen dalam penelitian
ini berupa pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal dan angket yang berjumlah 20
pernyataan. Data dianalisis menggunakan uji t-test Polled Varians. Hasil hipotesis
pertama menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (6,4152 > 1,6794) yang berarti Ho
ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh
pembelajaran dengan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap
motivasi belajar matematika siswa dalam pokok bahasan bilangan kelas VII MTs.
Mu’allimat NW Kelayuâ€. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa thitung > ttabel
yaitu (3,7684 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pembelajaran dengan model AIR (Auditory,
Intellectually, Repetition) terhadap prestasi belajar matematika siswa dalam pokok
bahasan bilangan kelas VII MTs. Mu’allimat NW Kelayuâ€.
Kata Kunci: Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), Motivasi dan Prestasi
Belajar Matematika Siswa