Abstract :
Siti isro’ nirwani (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open– Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X SNKN MODEL 3 Selong Tahun Pelajaran 2019/2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran
matematika dengan pendekatan open – ended terhadap kemampuan berpikir kritis
Siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel siswa Kelas X SMKN
MODEL 3 selong Tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini quasi eksperimen.
Desain “Posttest-Only Control Designâ€. Populasi seluruh siswa. Pengambilan
sampel mengunakan Simpel random sampling. Dan yang terpilih menjadi sampel
yakni kelas X yang terdiri dari dua kelas yakni kelas TBSM (Teknik berbasis sepeda
motor) dan TAV 1 (Teknik audio vidio). Kelas TAV 1 (Teknik audio vidio) menjadi
kelas kontrol dan kelas TBSM (Teknik berbasis sepeda motor) menjadi kelas
eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, tes digunakan
untuk mendapatkan data kemampuan berpikir kritis, analisis yang digunakan dalam
penelitian ini yakni analisis statistik parametris dengan uji hipotesis menggunakan uji
t polled Varians. Dari hasil manual penelitian tes diperoleh thitung ≥ ttabel (7,804 ≥
1,997). Dari hasil ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. yakni terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan pendekatan open – ended
terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa pada materi pokok sistem persamaan
linear dua variabel siswa Kelas X SMKN MODEL 3 selong Tahun pelajaran
2019/2020.
Kata konci: Pendekatan Open – Ended, Kemampuan berpikir kritis Siswa