Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan Aljabar pada siswa kelas VIII di SMP NW Kalijaga tahun
pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP NW Kalijaga tahun
pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah non probability sampling tipe purposive sampling. Kelas VIIIA sebagai
kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Bentuk desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri dan tes hasil belajar. Data
dianalisis menggunakan analisis uji-t satu pihak,, hasil hipotesis menunjukkan bahwa
thitung ˃ ttabel yaitu untuk hasil hipotesis angket kepercayaan diri diperoleh thitung = 2,19
dengan ttabel = 1,68, adapun untuk hasil hipotesis tes hasil belajar diperoleh thitung =
3,66 dengan ttabel =1,68 . Karena hasil thitung ˃ ttabel “Ha†diterima dan “H0†ditolak,
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar
siswa kelas VIII SMP NW Kalijaga tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci : Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Kepercayaan Diri,
dan Hasil Belajar.