DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HASTUTI, SITI PUJI
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-17 02:51:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aljabar pada siswa kelas VIII di SMP NW Kalijaga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP NW Kalijaga tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling tipe purposive sampling. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t satu pihak,, hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu untuk hasil hipotesis angket kepercayaan diri diperoleh thitung = 2,19 dengan ttabel = 1,68, adapun untuk hasil hipotesis tes hasil belajar diperoleh thitung = 3,66 dengan ttabel =1,68 . Karena hasil thitung ˃ ttabel “Ha” diterima dan “H0” ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP NW Kalijaga tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Kepercayaan Diri, dan Hasil Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi