Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat dan hasil belajar matematika
siswa dalam pokok bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan kelas VII MTs. NW
Ijobalit tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan jenis
penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII di MTs. NW Ijobalit tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan
dengan teknik Probability Sampling jenis Simpel Random Sampling. Dimana
kelas VII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII B sebagai kelas
kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Grup
Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data
yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dan uji t-test Polled
Varians. Hasil penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai ratarata minat belajar kelas eksperimen adalah 65,36 dan kelas kontrol 59,88.
Sedangkan hasil penelitian analisis deskriptif nilai rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen adalah 74,45 dan kelas kontrol adalah 63,36. Hasil uji hipotesis
analisis minat menunjukkan bahwa > yaitu (2,84 > 1,684) yang
berarti ditolak dan diterima. Hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan
bahwa > yaitu (2,88 > 1,684) yang berarti ditolak dan
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif dan
signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa dalam pokok bahasan
bilangan bulat dan pecahan kelas VII MTs. NW Ijobalit tahun pelajaran
2019/2020â€.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Minat
Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa