Abstract :
Syarifudin. (2019). Pengaruh Penerapan Tipe Team Game Tournament (TGT)
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Siswa MTs Negeri 2
Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
(FMIPA) Universitas Hamzanwadi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Team
Games Tournamens terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar
matematika siswa kelas VII MTs Negeri 2 Lombok Timur . Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen yaitu True Experimental Design dengan Posttest Only
Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sedangkan Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D
sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil
pengujian hipotesis I untuk kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa thitung
≥ ttabel yaitu 3,5676 ≥ 1,673 yang berarti bahwa berada pada daerah penerimaan
Ha. Sedangkan hasil pengujian hipotesis II untuk motivasi menunjukkan bahwa
thitung ≥ ttabel yaitu 3,5644 ≥ 1,673 yang berarti berada pada daerah penerimaan Ha,
sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model Team
Games Tournamens berpengaruh positif terhadap karakter berpikir kritis dan
motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Team Games Tournamens, Kemampuan berpikir kritis, Motivasi.