Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Project Based
Learning melalui Jigsaw guna meningkatkan penalaran matematis dan motivasi
siswa dengan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model
dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation. Penelitian dilaksanakan di MTs NW Rumbuk dengan mengambil
subjek penlitian kelas VIII C sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan
terdiri dari (1) lembar validasi, (2) angket kepraktisan dari guru dan siswa, (3) tes
penalaran matematis, dan (4) angket motivasi. Kualitas kevalidan buku panduan
memenuhi kriteria valid dari segi materi dan bahasa dengan skor masing-masing
53,5 dan 44. Untuk kevalidan tes dan angket memenuhi kriteria validasi sedang
yaitu koefisien validitas sebesar 0,78 dan layak digunakan. Kualitas kepraktisan
model yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dari respon guru dengan
pencapaian skor 37 dan dari respon siswa dengan persentase skor 89,44% .
Kriteria keefektifan terlihat dari meningkatnya hasil tes penalaran dan angket
motivasi dengan ketentuan nilai rata-rata siswa diatas KKM (70) dan persentase
ketuntasan klasikal . Data pre test penalaran matematis memperoleh
persentase skor sebesar 38,96% meningkat menjadi 77,12% yang diperoleh dari
data post test dan nilai rata-rata data post test sebesar 77,12 diatas KKM (70)
dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,50% . Data pre test motivasi
siswa memperoleh persentase skor sebesar 54,78% 75% meningkat menjadi
79,80% yang diperoleh dari data post test.
Kata kunci: Project Based Learning, Jigsaw, Penalaran Matematis, dan Motivasi