Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan efektifitas
model pembelajaran koopratif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media
power point terhadap kemampuan berpikir kritis santri kelas X MA NW Sakra
Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
populasi seluruh santri kelas X MA NW Sakra tahun pelajaran 2019/2020. Teknik
sampeling yang digunakan Probability Sampling jenis sample Random Sampling.
Desaian penelitian yang digunakan adalah “True Experimental†dengan jenis
“Posttest-Only Control Designâ€. Data kemampuan berpikir kritis matematika
santri dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian yang diberikan di akhir
penelitian sebagai posttest kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Dan
data yang dianalisis yaitu nilai post test kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol dengan menggunakan uji-t dua pihak. Hasil perhitungan menunjukkan
thitung> ttabel yaitu 9,14 > 2,041. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu
pengguanaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan
media power point efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis santri
kelas X MA NW Sakra tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI),
berpikir kritis, matematika.