DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRIKLS X MA NW SAKRA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ULPATUSSA’ADAH, ULPATUSSA’ADAH
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-18 07:09:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan efektifitas model pembelajaran koopratif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media power point terhadap kemampuan berpikir kritis santri kelas X MA NW Sakra Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh santri kelas X MA NW Sakra tahun pelajaran 2019/2020. Teknik sampeling yang digunakan Probability Sampling jenis sample Random Sampling. Desaian penelitian yang digunakan adalah “True Experimental” dengan jenis “Posttest-Only Control Design”. Data kemampuan berpikir kritis matematika santri dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian yang diberikan di akhir penelitian sebagai posttest kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Dan data yang dianalisis yaitu nilai post test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan uji-t dua pihak. Hasil perhitungan menunjukkan thitung> ttabel yaitu 9,14 > 2,041. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu pengguanaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media power point efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis santri kelas X MA NW Sakra tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), berpikir kritis, matematika. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi