Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengggunaan model
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa sub materi pokok bilangan pecahan pada siswa kelas VII
SMP NW Kalijaga tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP NW Kalijaga tahun pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian
ditentukan dengan teknik simple random sampling (pengundian). Rancangan
penelitian yang digunakan one shot case study. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes essay dan angket. Untuk uji analisis data dilakukan dengan uji
normalitas data dengan chi-kuadrat, dan uji linieritas data dengan uji F, sedangkan
teknik uji hipotesis yang digunakan adalah analisis statistik parametrik uji regresi
linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh model pembelajaran Contextual
Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sub
materi pokok bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMP NW Kalijaga tahun
pembelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis ≥
atau 6,62 ≥ 4,67. Artinya hipotesis nol tidak diterima dan hipotesis
alternatif diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning
(CTL), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa