Abstract :
Zuhrah Maniah. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika MTs dengan
Pendekatan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas
Hamzanwadi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika
MTs dengan pendekatan Multiple Intelligence untuk meningkatkan hasil belajar
matematika yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan model pembelajaran
dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, karena
memiliki tahapan yang sederhana namun jelas dan mudah dipahami. Model ini
terdiri dari lima tahapan utama, yaitu (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Uji coba dilakukan pada kelas VIII B MTs NW
Suryawangi. Berdasarkan analisis uji coba menunjukkan bahwa LKS dengan
pendekatan Multiple Intelligence untuk meningkatkan hasil belajar matematika
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil
analisis kevalidan LKS yang memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan
skor total aktual 269 dari skor maksimal 330. Kriteria kepraktisan terlihat dari
hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi
kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian guru dengan perolehan skor total
aktual 102 dari skor maksimal 120 dan telah mencapai kriteria praktis berdasarkan
respon siswa dengan persentase 94.72% dari standar ≥ 75%. Kriteria keefektifan
terlihat dari hasil analisis tes hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa telah
mencapai rata-rata skor nilai 71 atau berada di atas KKM 65 dan persentase
ketuntasan klasikal mencapai 85% dari standar 75%.
Kata kunci: LKS, Pendekatan Multiple Intelligence, Hasil Belajar.