Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil
belajar matematika siswa kelas VII SMP IT IBNU MAS’UD pokok bahasan
penyajian data tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII SMP IT IBNU MAS’UD. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain posttest-only
control design. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII B
sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan test hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh nilai rata-rata data motivasi siswa untuk kelompok eksperimen 75,04
dengan rata-rata skor perolehan 3,05 dan kelompok kontrol nilai rata-rata 68,79
dengan rata-rata skor perolehan 2,29. Sedangkan untuk data hasil belajar
diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 73,8 dan kelompok control 65,38.
Data dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil uji hipotesis untuk motivasi
diperoleh thitung > ttabel, yaitu 1,67 > 1,11 dan untuk uji hipotesis hasil belajar 2,79
> 1,11. Hal ini berarti, bahwa hipotesis yang diajukan di terima ( Ho ditolak Ha
diterima). Maka dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi
dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP IT IBNU MAS’UD tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Teams Game Tournament (TGT), motivasi, hasil belajar siswa.