Abstract :
PENGEMBANGAN E-KATALOG SEBAGAI SISTEM INFORMASI
PEMASARAN KOPI SAPIT BERBASIS WEB
DINA YULISTINA
Pendidikan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Hamzanwadi
Email: yulisdina16@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-katalog sebagai sistem
informasi pemasaran kopi sapit berbasis web serta untuk mengetahui kelayakan
dari e-katalog pemasaran kopi sapit. Jenis penelitian ini menggunakan metode
R&D (Research and Development). Uji coba kelayakan media pembelajaran
dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi, serta 20 pengunjung e-katalog
pemasaran kopi sapit berbasis web. Didapatkan persentase kelayakan dari ahli
media sebesar 71% dengan melihat 3 aspek yaitu tampilan media, functionality,
dan komunikasi visual sehingga dinyatakan “Layakâ€. Persentase kelayakan dari
ahli materi sebesar 93% dengan melihat 3 aspek yaitu desain isi, isi, dan bahasa
komunikasi sehingga dinyatakan “Sangat Layakâ€. Hasil uji coba pada
pengunjung e-katalog yang berjumlah 20 orang diperoleh hasil persentase
kelayakan sebesar 67% dengan melihat 4 aspek yaitu kegunaan, kualitas
informasi, kualitas interaksi, dan kepuasan pengguna sehingga dinyatakan
“Layak†untuk digunakan sebagai website pemasaran kopi.
Kata Kunci: E-Katalog, Sistem Informasi, Pemasaran Kopi, website.