Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dipadukan dengan media
pembelajaran Flashcard terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
dasar desain grafis kelas x multimedia di SMK Negeri 1 praya tahun ajaran
2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan meteode Pre-Exsperimental
Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X multimedia SMKN 1
Praya yang berjumlah 30 siswa, dengan sampel menggunakan teknik Sampling
Jenuh. Kelas X Multimedia sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis
data menggunakan Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)
ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang
dipadukan dengan media pembelajaran flashcard terhadap minat belajar siswa
(dengan nilai signifikansi Ï < 0,05) yaitu (0,000<0,05), 2) ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dipadukan dengan media
pembelajaran Flashcard terhadap hasil belajar siswa (dengan nilai signifikansi Ï <
0,05), yaitu (0,000<0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dipadukan dengan media
pembelajaran Flashcard terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran
dasar desain grafis kelas x multimedia di SMK Negeri 1 praya Tahun Ajaran
2019/2020.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, group investigation, media flashcard,
Minat Belajar, Hasil Belajar