Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Mengetahui
langkah-langkah pengembangan mobile learning berbasis android pada mata
pelajaran animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi, (2) Mengetahui kelayakan media
pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode
pengembangan atau Reaserch and Development (R&D) dengan mengadopsi
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implmentation,
Evaluation). Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara dan angket (kuesioner) sehingga data yang dikumpulkan
melalui angket menggunakan sampel berjumlah 28 responden pada kelas XI
Multimedia di SMKN 3 Selong, 2 ahli media dan 1 ahli materi dengan Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dengan hasil validasi ahli
materi sebesar 86% untuk aspek isi, 78% untuk aspek kualitas isi dan tujuan.
Hasil untuk ahli media 75% tampilan aspek dan 62% pada aspek kualitas teknis.
Hasil responden diperoleh persentse sebesar 56% yang menunjukkan bahwa
media pembelajaran berbasis android Layak untuk digunakan sebagai media
pembelajaran pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D di SMKN 3 Selong.
Kata Kunci: Mobile Learnig, Android, Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi.