DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D DAN 3D UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 3 SELONG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HERNIATI, HERNIATI
Subject
Multimedia, Simulasi Digital, Game 
Datestamp
2021-02-22 06:20:22 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Mengetahui langkah-langkah pengembangan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Reaserch and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implmentation, Evaluation). Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket (kuesioner) sehingga data yang dikumpulkan melalui angket menggunakan sampel berjumlah 28 responden pada kelas XI Multimedia di SMKN 3 Selong, 2 ahli media dan 1 ahli materi dengan Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dengan hasil validasi ahli materi sebesar 86% untuk aspek isi, 78% untuk aspek kualitas isi dan tujuan. Hasil untuk ahli media 75% tampilan aspek dan 62% pada aspek kualitas teknis. Hasil responden diperoleh persentse sebesar 56% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D di SMKN 3 Selong. Kata Kunci: Mobile Learnig, Android, Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi