Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh peningkatan minat
dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan
kelas XI TKJ di SMKN 1 Praya setelah diterapkan model pembelajaran blended
learning. Mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa dari hasil pretest
dan posttest yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian
bentuk eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design bentuk One-Grup
Pretest Posttest Design. Tempat penelitian dilakukan di SMKN 1 Praya. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1, perlakuan diberikan pada kelas
eksperimen dengan memberikan model pembelajaran blended learning. Hasil
belajar tersebut berupa nilai pretest dan posttest. Teknik analisis data yang
digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan teknik analisis deskriptif
yang terdiri dari: modus, median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian
dilaukan uji persyaratan analisis dengan uji homogenitas dan uji normalitas.
Kemudian untuk menguji hipotesis digunakan statistik parametris dengan uji ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar siswa
yang signifikan diperoleh nilai -Thitung<-Ttabel yaitu (-15,591 < -2,045) pada mata
pelajaran administrasi infrastruktur jaringan di SMKN 1 Praya setelah
diterapkannya model pembelajaran blended learing. Sedangkan hasil belajar
diperoleh nilai -Thitung<-Ttabel yaitu (-8,658 < -2,045), seingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran
blended learning.
Kata Kunci : Blended Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar.