Abstract :
Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengetahui hasil penerapan metode
demonstrasi berbantuan media packet tracer terhadap keaktifan belajar pesera didik,
(2) untuk mengetahui hasil penerapan metode demonstrasi berbantuan media packet
tracer terhadap hasil belajar pesera didik pada mata pelajaran administrasi
infrastruktur jaringan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan posttest control only desain.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI TKJ yang berjumlah 56. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 30 peserta didik kelas
eksperimen dan kelas kontrol 26 peserta didik dengan menggunakan teknik sampel
jenuh. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes dan lembar
observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan lembar
observasi digunakan untuk mengukur keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis
yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1): metode pembelajaran Demonstrasi
berbantuan media packet tracer yang telah ditepkan berpengaruh terhadap keaktifan
belajar peserta didik dengan nilai signifikansi Ï<5% (0,000<0,05) dan nilai
Thitung>Ttabel yaitu (6,766>1,673); (2) metode pembelajaran Demonstrasi berbantuan
media packet tracer yang telah diterapkan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta
didik dengan nilai signifikansi Ï<5% (0,000<0,05) dan nilai Thitung>Ttabel
(10,113>1,673). Sehingga dapat disimpulkan pebnerapan metode demostrasi
berbantuan media packet tracer beroengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajara
peserta didik pada pembelajaran administrasi infrastruktur jaringan peserta didik
kelas XI TKJ di SMKN 1 Praya.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi, Packet Tracer, Keaktifan Belajar,
Hasil Belajar.