Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder Terhadap Keaktifan dan hasil belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X TKJ Di SMK Bajang NW Ajan
Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental
design bentuk one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh kelas X TKJ SMK Bajang NW Ajan. Sampel dalam penelitian ini adalah
kelas X TKJ yang berjumlah 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk
mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur
keaktifan belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Paired Sample
T Test dengan bantuan SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) ada
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe murder terhadap keaktifan siswa
dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; (2) ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe murder terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000
<0,05 . Hal ini berarti, kedua hipotesis yang diajukan di terima (Ha diterima H0
ditolak). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Murder lebih baik dibandingkan dengan metode
konvensional.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe Murder, Keaktifan Belajar, Hasil
Belajar.