Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan
matematika dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V MI NW
NO 1 Hamzanwadi tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif deskriptif korelasi. Populsi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini ditentukaan dengan
teknik sampling jenuh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain
korelasi sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
keterampilan matematika dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika.
Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil hipotesis menunjukan
bahwa thitung 3,003 ˃ t tabel 2,086 H0 ditolak Ha diterima. Dari keterangan ini berarti
bahwa terdapat hunbungan keterampilan matematika yang kuat dengan
kemampuan pemecahan masalah matematika. hal ini terlihat dari koefisien
korelasi sebanyak 63% keterampilan matematika dipengaruhi oleh kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa MI NW NO 1 Hamzanwadi tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: keterampilan matematika, kemampuan pemecahan masalah
matematika.