Abstract :
ABSTRAK
M. Irawadi.(2018). Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Kontekstual
pada Mata Pelajaran IPA dengan Pokok Bahasan Sirkulasi (Daur)
Air Kelas V SD Islam NW Kotaraja Tahun Ajaran 2015/2016.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi Selong.
Pembimbing: 1) Muhammad Sururuddin, M.Pd. 2) Arif Rahman
Hakim, M.Pd
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Handout IPA.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi model
Plomp. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar
handout IPA berbasis kontekstual dengan materi sirkulasi air yang terdiri dari
buku siswa dan LKS. Penelitian ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1) Fase
Investigasi awal, (2) Fase perancangan, (3) Fase realisasi/konstruksi, (4) Fase tes,
evaluasi dan revisi, (5) fase implementasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V
SD Islam NW Kotaraja sebanyak 20 siswa. Instrument pengumpulan data
meliputi lembar validasi tim ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus konversi skala 5 untuk
bahan ajar handout IPA dan persentase ketuntasan belajar untuk mengetahui
keefektifan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa. Dalam tahap pengembangan
diperlukan validasi bahan ajar oleh validator. Berdasarkan hasil validasi ahli
materi, bahan ajar handout IPA memperoleh skor 31 dengan rata – rata 3,86
berada kategori baik/valid. Sedangkan pada ahli tampilan diperoleh skor 69
dengan nilai rata – rata 3,62 berada pada kategori baik/valid. Dapat disimpulkan
bahwa bahan ajar handout IPA berbasis kontekstual dapat digunakan untuk
mengambil data penelitian. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah
peningkatan ketuntasan klasikal pada hasil belajar siswa dari 65 % menjadi 85%.
Sedangkan respon siswa berada pada kriteria positif yaitu 87%. Dari hasil
penelitian tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar handout
IPA pada kajian akhir dikatakan valid, praktis, efektif dan layak digunakan dalam
proses pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan Plomp