Abstract :
ABSTRAK
Oleh : Maini
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan menggunakan media cerita
bergambar siswa kelas III SD Negeri 05 Pringgajurang, Kecamatan Montong Gading
Lombok Timur, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar ( PGSD), Universitas Hamzanwadi
Selong tahun 2018, 80 Halaman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas
merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan,yang
sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut
diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Subyek dalam
penelitian ini adalah anak didik Sekolah Dasar Negeri 05 Pringgajurang Kecamatan Montong
Gading, Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun jumlah anak didik Kelas III SD Negari 05
Pringgajurang adalah 28 anak. Penelitian ini bersifat reflektif partisipasif, kolaboratif,dan
spiral. Data ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian pembelajaran membaca melalui cerita bergambar dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan
prosentase membaca siswa sebesar 32,14%, peningkatan membaca siklus I 78,57%,dan
peningkatan pada siklus II 100%. Oleh karena itu penggunaan media cerita bergambar
merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Hal ini karena media cerita bergambar merangsang anak untuk berfikir kreatif, perhatian
anak terhadap proses pembelajaran makin panjang, anak mampu mengoordinasikan
kemampuan diri atau melatih kepercayaan diri pada anak, merangsang imajinasi anak, dan
menambah perbendaharaan kata .
Kata Kunci :†Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaanâ€