Abstract :
ABSTRAK
MANDELAFITRIANA (NPM: 13110033): “Pengaruh Strategi Time Token
Arends Terhadap Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
pada Siswa Kelas III SDN 2 Tebaban Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi
Universitas Hamzanwadi: Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD),
2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
Penerapan strategi time token arends terhadap kemampuan berbicara peserta didik
kelas III SDN 2 Tebaban. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen berarti
metode percobaan untuk mempelajari pengaruh dari variable tertentu terhadap
variabel yang lain, melalui uji coba dalam kondisi khusus yang sengaja
diciptakan. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 2
Tebaban semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Sampelnya terdiri dari 1 kelas yaitu
15 siswa sebagai sampel kelas eksperimen dan sisanya yaitu 15 siswa sebagai
kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan sampel random sampling
teknik acak kelas dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata
didalam populasi itu, Teknik ini akan dilakukan dengan cara ordinal, yaitu
memilih nomor-nomor genap atau gasal atau kelipatan. Teknik yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu Teknik tes, Tes yang dimaksud adalah tes lisan
(kemampuan berbicara) yaitu berupa sejumlah pertanyaan yang diajukan secara
lisan tentang aspek-aspek yang ingin diketahui keadaannya dari jawaban yang
diberikan secara lisan pula. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis kuantitatif, Oleh karena itu, data yang dikumpulkan berupa
angka-angka yang didapat dari pemberian tugas berbicara dan diberi nilai-nilai
dari setiap responden/subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat
diketahui bahwa hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78 dan
nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62. Hasil analisa data untuk uji–t yang telah
diuraikan bahwah hasilnya 2,000851 dengan ttabel adalah 1,70113. Terbukti
thit>ttabel atau dapat dituliskan 2,000851>1,70113. Demikian dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran