Abstract :
ABSTRAK
Miftah Hayatun. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah
Lombok Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa
Kelas III SDN 01 Bungtiang TP. 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul
berbasis kearifan lokal daerah Lombok pada mata pelajaran ilmu pengetahuan
sosial yang layak untuk siswa kelas III SDN 01 Bungtiang TP. 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas III SDN 01 Bungtiang yang berjumlah 40 orang, dan terdiri dari 17
orang siswa perempuan dan 23 orang siswa laki-laki. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang sudah
disederhanakan menjadi 6 tahapan, yaitu melakukan penelitian dan pengumpulan
data, perencanan atau desain, pengembangan modul, uji validasi ahli, uji coba
lapangan, dan revisi setelah uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data
meliputi validasi oleh tim ahli, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul berbasis kearifan lokal
daerah Lombok layak digunakan setelah dilakukan uji validasi oleh ahli media
dengan skor rata-rata 3,7 dengan kategori baik dan ahli materi dengan skor ratarata 3,9 dengan kategori baik. Hasil angket respon siswa mendapat skor rata-rata
49,35 dengan kategori baik.
Kata kunci: modul berbasis kearifan lokal daerah Lombo