Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan psikomotorik kategori
manipulasi siswa pada mata pelajaran IPA kelas VISDN 3Rumbuk. Metode
penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) atau
penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg
and Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh hasil
validasi materi dengan nilai X>29,59kategori (“sangat baikâ€), dan hasil validasi
media dengan nilaiX>25,2kategori (“Sangatbaikâ€). Adapun hasil uji coba
produk terhadap siswa kelas VI SDN 3 Rumbukyang terdiri dari 21 orang siswa, setelah divalidasi antara lain: respon siswa pada uji coba lapangan pada 21 orang
siswa dengan persentase 42,85%, kategori (“sangat tinggiâ€). Sehingga dengan
hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan media helicopter mini
dalam mengembangkan psikomotorik kategori manipulasi dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan
hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan hasil uji coba lapangan.
Kata Kunci: pengembangan media helicopter mini dalam mengembangkan
psikomotorik kategori manipulasi dan pembelajaran IPA.