Abstract :
ABSTRAK
Muamarah:Pengaruh Pendekatan Reciprocal Learning Terhadap Pemahaman
Membaca Puisi Siswa Kelas V SDN 3 Masbagik Timur Tahun
Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan
pendekatan reciprocal learning terhadap pemahaman membaca puisi siswa dan
pemahaman membaca puisi siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan
reciprocal learning dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode
konvensional di SDN 3 Masbagik Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Tekhnik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitan ini yaitu pretest dan posttest. Pretest diberikan pada subjek penelitian sebelum model pembelajaran reciprocal
learning diaplikasikan, sedangkan posttest diberikan setelah kelompok
eksperimen mendapatkan perlakuan menggunakan reciprocal learning. Populasi
penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 46 orang siswa dan dibagi
menjadi dua kelas. Dua kelas tersebut kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas
B sebagai kelas control. Berdasarkan hasil penelitian data, dapat diperoleh bahwa
nilai f = 4,09 dan t =2,021 pada taraf signifikan 5% sehingga f lebih
besar dari f t (4,09>2,021) Maka hal tersebut menujukan bahwa f
yang diperoleh adalah signifikan, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan
pendekatan reciprocal learning terhadap pemahaman membaca puisi siswa. Kata kunci: Reciprocal learning, pemahaman membaca puisi