Abstract :
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran scramble yang diarealisasikan dalam bentuk produk, yaitu : papan
scramble yang disertai dengan kantong soal kaleng bernyanyi, dan bantal
keliling.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau (Reseach and
Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan
Borg an Gall yang dilakukan dengan tujuh tahapan, yaitu analisis kebutuhan,
perencanaan, pengembangan draf produk, merevisi hasil uji coba, uji coba
lapangan, penyempurnaan produk.Hasil penelitian pengembangan ini
menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa papan scramble dapat
dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian
pengembangan diperoleh data rata-rata persentase respon siswa dalam menaggapi
media scramble mencapai 96 %. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan
media scramble dikatakan efektif, karena siswa sangat merespon media
pembelajaran scramble. Sedangkan hsil observasi aktifitas belajar siswa masuk
dalam kategori “sangat baik†dengan jumlah skor 17 pada rentang skor X>16,2.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk
pengembangan media scamble layak digunakan dalam pembelajaran disekolah.
Kata Kunci: Media scramble, Pelajaran Matematika.