Abstract :
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
menulis puisi berbantuan gambar dapat ditingkatkan melalui metode CIRC
(Cooperative Integrated Reading and Composition)) pada siswa kelas V SDN 5
Suralaga tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (Action research Class)dengan jumlah subjek penelitian sebanyak
20 siswa. Rangkaian penelitian tindakan kelas ini meliputi (a) perencanaan
(planning), (b) pelaksanaan (action), (c) pengumpulan data (observasing), (d)
menganalisis data/informasi untuk memutuskan sejauhmana kelebihan atau
kelemahan tindakan tersebut (reflecting). Teknik analisis data menggunakan
teknik deskriptif kuantitatif dan rumus presentase ketuntasan belajar siswa.
Berdasarkan hasil siklus I jumlah siswa mendapat nilai ⩾75 sebanyak 11 siswa
(55%) sedangkan yang mendapat nilai Ë‚ 75 sebanyak 9 siswa (45%). Karena hasil
yang didapatkan belum maksimal, maka dilakukan beberapa perbaikan pada
siklus II. Berdasarkan hasil siklus II, jumlah siswa mendapat nilai ⩾ 75 meningkat
sebanyak 17 siswa (85%) sedangkan yang mendapat nilai Ë‚ 75 sebanyak 3 siswa
(15%). Nilai ini menunjukkan telah memenuhi syarat ketuntasan yang telah
diterapkan kurikulum. Dengan demikian penerapan model Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC)dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi
siswa khususnya siswa kelasV SDN 5 Suralaga.
Kata Kunci: Menulis, Puisi, model CIRC