Abstract :
ABSTRAK
Muh. Jaliluddin munir : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Guided
Note Taking Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 3 Wanasaba Tahun Ajaran
2017/2018.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu
Pendidikan. UNIVERSITAS HAMZANWADI
.
Pembimbing 1. Rohini, M.Pd
2. Yul Alfian Hadi, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah/prosedur
pengembangan bahan ajar IPS dengan metode guided note taking untuk kelas IV
SD, untuk mengetahui kualitas/kelayakan produk bahan ajar IPS dengan Metode
Guided Note Taking untuk kelas IV SD, untuk mengetahui penggunaan bahan ajar
IPS dengan pendekatan konstektualuntuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang
disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain, validasi
desain, pembuatan produk, uji coba dan revisi.
Hasil penelitian ini adalah bahan ajar dengan metode guided note taking
layak digunakan dalam pembelajran, hasil validasi ahli pada aspek bahasa
mendapat kategori “sangat valid†dengan nilai (x)=3, pada aspek tampilan
mendapat kategori “valid†dengan nilai (x)=2,71, pada aspek materi mendapat
kategori “sangat valid†dengan nilai (x)=3. Data hasil belajar siswa setelah
menggunakan bahan ajar yang dikembangkan mengalami kenaikan, hasil pretes
siswa diperoleh nilai rata-rata siswa 60, dengan persentase kelulusan
38%.sedangkan hasil postest siswa diperoleh nilai rata-rata siswa 84,6 yang
dibulatkan menjadi 85, dengan persentase kelulusan 92%. Sementara hasil analisis
respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar IPS dengan metode guided note
taking didapatkan data dari 13 siswa ada 1 siswa yang merespon pada kategori
sangat tinggi/positif pada rentang , dan ada 11 siswa yang merespon pada
kategori tinggi/positif pada rentang dan ada 1 siswa yang merespon
pada kategori sangat rendah/negatif pada rentang .
Kata kunci: pengembanganbahan ajar,Metode Guided Note Taking