Abstract :
ABSTRAK
Kartu pecahan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang
membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada materi
penjumlahan pecahan yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif
siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih
bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk
kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke
siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan
dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah ingin mengetahui peningkatan
prestasi belajar matematika materi penjumlahan pecahan dengan menggunakan kartu
pecahan pada siswa kelas V SDN 3 Kalijaga Kecamatan Aikmel tahun pelajaran
2018/2019. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus,
dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 70 %, dapat meningkat menjadi 90 % pada
siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran
dengan menerapkan kartu pecahan dapat meningkatkan prestasi pembelajaran dan
ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan
mencapai 90 %.
Kata Kunci: Kartu Pecahan, Prestasi Belajar