Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua
terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN Batu Nisung Tahun Pembelajaran
2018/2019. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan
desainpenelitian yang digunakan adalahkorelasional.Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa SDN Batu Nisung berjumlah 61 orang. Dalam penelitian ini
menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel siswa kelas IV, V
dan VI SDN Batu Nisung berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.Instrumen dalam penelitian ini
adalah angket yang berbentuk checklist. Data analisis menggunakan korelasi
product moment dengan hipotesis menunjukkan bahwa rhitung >rtabel (0,744 >
0,413) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian dalam penelitian ini,
orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis lebih memberikan efek positif
dalam kegiatan belajar siswa, karena pola asuh demokratis ini dapat mendidik
anak menjadi lebih disiplin, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Sehingga,
hasil belajar siswa menjadi lebih tinggi daripada pola asuh yang lain. Ini
dibuktikan dengan presentasi pola asuh demokratis sebesar 72%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pola asuh orangtua terhadap peningkatan hasil
belajar siswa SDN Batu Nisung Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang tua, Hasil Belajar.